Jumat, 02 Juni 2017

Susunan Lapisan Atmosfer Bumi Beserta Penjelasannya

Alam semesta ini akan terus terjaga dari ancaman luar angkasa dikarena adanya sebuah pelindung bumi dari benda benda luar angkasa.. dan lapisan itu adalah lapisan atmosfer, lapisan yang berada pada perbatasan antara udara dan luar angkasa

Lapisan atmosfer dibagi menjadi 5 susunan yang berbeda..


Pengertian Lapisan Atmosfer

Lapisan atmosfer adalah sebuah lapisan yang menyelimuti bumi yang berguna untuk melindungi bumi dari benda benda luar angkasa

Diantara lapisan atmosfer terdapat beberapa unsur yaitu

  • Nitrogen
  • Oksigen,
  • Karbon dioksida,
  • dan Argon


Unsur pada lapisan atmosfer tersebut menempati 99,97% dari volume bumi


Kegunaan Lapisan Atmosfer

Manfaat dari lapisan atmosfer begitu penting seperti yang dijelaskan dalam pengertian atmosfer diatas

Bahwa salah satu manfaat dari lapisan atmosfer di bumi adalah untuk menjaga bumi dari benda benda yang masuk kedalam bumi

Contohnya : Meteor, Radiasi matahari


Macam-Macam Lapisan Atmosfer

Berdasarkan perbedaan suhu secara vertikal ( Atas – bawah ) lapisan atmosfer dibagi menjadi lima susunan, dan berikut dibawah ini adalah susunan atmosfer


1. Troposfer

Troposfer adalah lapisan atmosfer paling bawah dan ketinggian lapisan ini dari tanah adalah 8 km untuk daerah kurub dan 18 km untuk daerah khatulistiwa

Pada lapisan troposfer ini, setiap kenaikan 100 m terjadi penurunan suhu sekitar 0,5 “C dan batas troposfer dengan lapisan diatasnya ( Stratosfer ) dinamakan tropopause

Fenomena alam yang terjadi : Hujan dan awan


2. Stratosfer

Stratosfer terletak diatas lapisan troposfer dengan sampai ketinggian 50 km, lapisan stratosfer lebih tebal lapisannya di kutub daripada di daerah khatulistiwa

Pada lapisan stratosfer ini terdapat konsentrasi ozon ( O3 )

Kegunaan lapisan ozon : Perlindungan permukaan bumi dari sinar ultraviolet yang berlebih

Pada lapisan statosfer ini, setiap kenaikan 100 m terjadi penurunan suhu sekitar 0,5 “C dan batas troposfer dengan lapisan diatasnya ( Mesosfer ) dinamakan stratopause

Fenomena alam yang terjadi : Hujan dan awan


3. Mesosfer

Lapisan mesosfer berada di ketinggian 50 - 75 km, temperatur pada lapisan ini mula mula naik tetapi kemudian turun suhunya menjadi -70'C di ketinggian 75 km

Pada lapisan ini, setiap kenaikan 100 m terjadi penurunan suhu sekitar 0,4 “C dan batas mesosfer dengan lapisan diatasnya ( Termosfer ) dinamakan mesopause


4. Termosfer

Lapisan termosfer berada di 75 - 650 km dan temperatur pada lapisan ini naik menjadi 1.010'C dan lapisan paling bawah termosfer adalah ionosfer pada ketinggian 75 - 375 km

Kegunaan lapisan termosfer : Untuk menyebarkan gelombang radio


5. Eksosfer

Eksosfer terletak diatas lapisan termosfer dan lapisan ini adalah lapisan paling atas dari susunan lapisan atmosfer

Lapisan eksosfer paling atas tidak diketahui karena itu, tidak ada batasan yang jelas antara lapisan eksosfer dengan luar angkasa

Minggu, 28 Mei 2017

Gini Dia Subtansi Dan Strategi Dakwah Rasulullah Di Madinah

Strategi Dakwah Rasulullah

Dalam membangun umat islam pada zaman dahulu, Rasulullahu sallahu alaihi wassalam mempunyai strategi dalam membuat dan membangun umat islam yang kokoh

Serta dalam menyampaikan dakwahnya kepada masyarakat setempat

Lalu, bagaimana cara Rasulullah dalam berdakwah? Bagaimana strategi Rasulullah dalam membangun umat islam? Dan bagaimana subtansi Rasulullah pada saat di madinah?

Mari kita pelajari bersama


Ngerekrut Umat Islam

Seperti kebiasanya Rasulullah saw pada setiap musim haji untuk selalu mendatangi kemah para jema’ah haji untuk menyampaikan dakwahnya

Kebiasannya itu direspon baik sebagaimana yang ditunjukan Suwaid bin Shamit tokoh suku Aus dari Yastrib yang mengikuti ajakannya Rasulullah saw masuk islam

Selang beberapa lama, Iyaz bin Mu’adz pemuda dari kaum Khazroj juga menyatakan ke islamannya

Pada musim haji di tahun ke 11 dari kenabian, beberapa orang khazroj masuk islam

Pada musim haji tahun berikutnya, 12 orang laki laki dan 1 orang wanita dari Yastrib masuk islam pada saat bertemu dengan Rasulullah di Aqobah ( Peristiwa ini dikenal dengan Baiah Al-Aqobah atau Baiah Aqobah Pertama )

Setelah kejadian itu Rasulullah mengutus Mus’ab bin Umair untuk mengajarkan islam ke penduduk Yastrib

Setahun kemudian, pada malam hari seusai Rasulullah menunaikan haji, 73 orang laki laki dan 2 orang wanita dari Yastrib menemui Rasulullah untuk masuk islam ( Peristiwa ini dikenal dengan Baiah Al-Aqobah Ats Tsaniyah atau Baiah Aqobah Kedua )

Yang mana pada saat itu didampingi oleh Abbas bin Abdul Mutholib


Setelah itu 12 Orang pemuka kamu Aus dan Yastrib mewakili yang ada di kaum itu untuk mengucapkan janji untuk masuk islam


Para Kaum Yahudi, Kafir dan Semacamnya Mulai Berontak

Setelah Baiah Aqobah kedua para kaum kaum yang membantah islam makin geram dengan keadaan pada saat itu

Karena pada saat itu perkembangan umat islam makin lama kian bertambah

Kekerasan terjadi kepada kaum muslimin karena kaum tersebut tidak terima, bahkan mereka sepakat untuk membunuh Rasulullah saw

Menghadapi itu, Rasulullah mengajak umat islam untuk pindah ke yastrib ( Hijrah )

Dengan kelompok orang yang lemah diperintahkan untuk pergi terlebih dahulu

Karena mereka yang mudah teraniaya..


Rasulullah sendiri baru meninggalkan mekkah setelah seluruh umat islam keluar dari mekkah

Kecuali: Pada saat itu Rasulullah ditemani oleh Ali dan keluarga dan Abu bakar dan keluarga


Rasulullah Menuju Goa Tsur

Goa Persembunyian Rasulullah

Ketika Rasulullah ingin berangkat ke kota Yastrib Rasulullah meminta ali untuk tidur dikamarnya untuk mengelabuhi musuh yang berencana membunuhnya

Rasulullah setelah itu berangkat ke gua Tsur bersama Abu Bakar, mereka bersembunyi selama 3 malam

Tidak ada yang tahu tentang persembunyian mereka terkecuali puteri Abu Bakar sendiri, yaitu Abdullah, Aisyah dan Asma serta sahayanya Amir bin Fuhairoh

Mereka lah yang mengirim makanan untuk Rasulullah dan Abu Bakar di gua Tsur


Rasulullah Menuju Yastrib

Pada hari terakhir atau hari ketiga, Rasulullah keluar dari tempat persembunyiannya untuk berjalan menuju Yastrib yang ditemani oleh Abdullah bin Abi Bakar dan Abdullah bin Arqod si orang musyrik yang bertugas menunjukan jalan


Rasulullah Melewati Kota Quba Sebelum Ke Yastrib

Setelah melintasi padang pasir, tepat pada hari Senin, tanggal 8 Rabi’ul Awal tahun 1 Hijriyah sampai lah Rasulullah di Quba

Sebuah tempat yang kira kira 10 km dari Yastrib


4 Hari di Quba

Setelah itu Rasulullah sampai di Quba dan menginap dirumah Kultsum bin Hadam, seorang laki laki tua yang rumahnya memang sering dijadikan tempat istirahat bagi para pendatang Yastrib

Sedangkan Abu Bakar menginap di rumah Hubaib bin Isaf..


Selama menginap itu juga, Rasulullah membuat sebuah masjid di tempat itu yang kini dikenal dengan masjid Quba

Lalu setalah 3  hari kemudian, Ali bin Abi Thalib tiba di Quba selama menempuh perjalanan sekitar 15 hari

Lalu keesok hariannya tepat dihari Jum’at, baru semua rombongan bergerak menuju ke Yastrib


Rasulullah Dan Rombongan Tiba Di Yastrib

Unta Rasulullah Menuju Sebuah Kebun

Kedatangan Rasulullah di sambut dengan hangat dan penuh kerinduan oleh kaum ansor, begitu sampai Rasulullah langsung melepaskan tali untanya

Dan membiarkan unta itu berjalan sekehendaknya

Begitulah unta itu menuju kesebuah kebun yang mana kebun itu dimiliki oleh Sahl dan Suhail anak yang diasuh oleh Abu Ayyub

Dan Muadz bin Ahro’ meminta kebun itu dijual dan kebun itu dibangun masijd diatasnya


Yastrib Berganti Nama Menjadi Kota Madinah

Dan semenjak kedatangan Rasulullah ke Yastrib, Yastrib berubah nama menjadi Madinah atau Madinatur Rasul atau Madinatul Munawwaroh

Dan saat itu juga Rasulullah membuat strategi nya dalam membangun umat islam yang bebas, dari tekanan dan ancaman


Lalu? Bagaimana Strateginya Rasullah?
Dalam membina masyarakat islam di Madinah strategi dakwah yang dilakukan rasullah dapat anda lanjutkan dibawah ini:

Baca Juga: Strategi dakwah rasullah dalam membina masyaratkan islam di Madinah

Senin, 22 Mei 2017

Pengertian Geografi Dari Para Ahli Dunia


Perkembangan pelajaran geografi selalu terus berkembang, dalam menyesuaikan manfaatnya untuk kehidupan di masa saat ini

Banyak penemuan-penemuan yang berada di ilmu geografi ini yang saat ini manfaatnya sangat dibutuhkan oleh manusia kala ini, contohnya seperti peta yang ditemukan yang digunakan untuk mencari alamat atau lokasi sesuatu

Jadi penting banget untuk kita pelajarin ilmu geografi itu sendiri

Pada awalnya perkembangan geografi itu diawali dari perkenalan manusia dengan alam lingkungannya, baik yang mendukung maupun yang menghalangi proses kehidupan itu sendiri


Ruang Lingkup Geografi

Pengetahuan geografi pada mula-mula atau pada awalnya terbentuk atau tersebar dari cerita orang dari mulut ke mulut hingga pada akhirnya cerita cerita itu ditulis menjadi suatu dokumen

Dan dokumen itulah yang menjadi sumber pengetahuan geografi kala ini

Begitulah pada dasarnya cerita terjadinya pelajaran geografi yang kita pelajari di bangku sekolah

Tetapi sebenernya apa sih pengertian geografi itu sendiri? kalo para ahli nganggepinnya gimana? yuk kita pelajari bareng


Pengertian Geografi

Geografi dalam bahasa  yunani pada awalnya berasal dari kata geo dan graphein, yang artinya geo adalah bumi dan graphein artinya tulisan

Jadi kalau kita tarik kesimpulan, geografi merupakan tulisan tentang bumi atau kata lain pelajaran tentang bumi

Istilah geografi pada pertama kali disampaikan oleh prof. Eratosthenes dengan nama geographica


Pengertian Geografi Para Ahli

Banyak pendapat tentang pengertian geografi yang disampaikan oleh para ahli, dibawah ini saya merangkumnya dengan singkat tentang berbagai pendapat mengenai hakikat, konsep, dan batasan geografi menurut para ahli



A. Bintarto

Bintarto berpendapat bahwa geografi merupakan pelajaran yang berhubungan dengan gejala yang ada dipermukaan bumi yang menyangkut makhluk hidup

Beserta permasalahan pedekatan mengenai: Keruangan, Kelingkungan, dan Regional

Untuk kepentingan program pembangunan pemerintahan


B. Frank Debenham

Frank Debenham berpendapat bahwa tugas para ahli geografi sebagai berikut:


  • Mengadakan penafsiran terhadap persebaran fakta
  • Menemukan hubungan interaksi
  • Menjelaskan interaksi antara manusia dan alam



C. James Fairgrive

Menurut James Fairgrive mengenai inti kajian atau pembahasan geografi adalah sebagai berikut:

Geografi dapat mendidik manusia untuk berpikir kritis dan bertanggung jawab terhadap kemajuan bangsa ini atau kemajuan-kemajuan dunia

Dan James Fairgrive juga berpendapat bahwa peta sangatlah bermanfaat karena berguna untuk memberi kemudahan dalam mencari tempat


D. Preston E. James

Menurutnya, Pelajaran geografi adalah induk ilmu pengetahuan, karena banyak pengetahuan yang berawal dari ilmu geografi ini


E. Strabo

Kalau Strabo bilang tentang inti kajian geografi adalah sebagai berikut:
Geografi erat kaitannya dengan lokasi, dan wilayah-wilayah

Menurut Starbo sendiri, ia menamakan konsep tersebut dengan nama Natural Attribute Of Place


F. Ikatan Geografi Indonesia

Menurut mereka, mereka mencoba menarik kesimpulan tentang inti kajian geografi, menurut mereka sebagai berikut:

Geografi mempelajari kesamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan


G. Wikipedia

Untuk mencairkan situasi ini biar tidak terlalu serius, enggak apa apa kali ya kalau membawakan pendapat dari wikipedia

Walaupun wikipedia sendiri bukanlah seorang  ahli tokoh dunia

Kalau menurut wikipedia, Geografi adalah ilmu tentang lokasi dan fenomena fisik bumi dan manusia



Kesimpulan

Dari semua ahli yang menyampaikan pendapatnya tentang hakikat, konsep, dan batasan geografi, sebenarnya mereka memiliki beberapa makna yang sama, maka kini akan merangkumnya khusus untuk anda


  • Geografi merupakan ilmu yang mempelajari pengetahuan tentang bumi dengan objek permukaanya sebagai lingkungan hidup manusia dan lingkungan tempat manusia dapat mengubah dan membangunnya

  • Geografi memperhatikan persebaran manusia dalam  ruang dan hubungan manusia dan lingkungannya

  • Geografi mempunyai unsur utama, yaitu: Jarak, persebaran, interaksi dan mobilitas

Senin, 24 April 2017

Masalah Pokok Ekonomi Klasik Dan Modern Yang Sepatutnya Anda Ketahui


Menjadi makhluk hidup yang saat ini masih hidup.. pastinya lah kita akan bertemu yang namanya jual beli

Manfaat jual beli begitu berperan penting, karena itu adalah salah satu cara agar keinginan dan kebutuhan anda bisa terpenuhi, yaa enggak?

Tetapi, disisi lain, ekonomi juga punya masalahnya sendiri nih.. jadi buat tambah wawasan mending ikut baca deh tulisan saya dibawah ini, kali aja iseng-iseng berhadiah


Permasalahan Ekonomi

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa ekonomi itu, jadi sesuatu yang sudah biasa ditemui oleh makhluk hidup yang masih hidup seperti kita

Tapi, gimana kalau ekonomi tersebut muncul masalah? jadi simak deh, penjabarannya berikut dibawah ini:



Masalahnya

Seperti gambar diatas.. bahwa masalah pokok ekonomi sebenernya terletak didua sisi yang saling berlawanan..

Yang satu itu masalahnya di klasik dan sisi lain itu masalahnya di ekonomi modern



PERMASALAHAN POKOK EKONOMI KLASIK

Ekonomi klasik itu dapat diartikan sebagai ekonomi yang terjadi dengan cara tradisional, itu adalah pengertian ekonomi klasik " Edisi Saya "

Lupakan itu, yang terpenting adalah, bahwa permasalahan ekonomi klasik itu dibagi menjadi 3 masalah lagi


Kayaknya masalah mulu yang dibahas? admin lagi ada masalah ya?


Hmm.. bukan, memang inilah pembahasan kita hehe ( Edisi Ngeles )

Ok, kembali lagi kepembahasan, dibawah ini adalah penjabaran dari 3 masalah pokok ekonomi, berikut ulasannya:


Masalah Produksi


Pengertian produksi yang seperti kita tahu bahwa, produksi adalah kegiatan menghasilkan atau membuat sebuah karya, jasa atau lainnya

Dan kalau membahas tentang permasalahan produksi, secara garis besar, salah satu masalah pokok ekonomi klasik, terjadi kepada pelaku produksi atau produsen.. yang masalahnya berhubungan dengan kegiatan,

Membuat atau memperbarui sebuah karya, jasa atau pun hal lainnya..

Masalah ekonomi klasik juga tidak berhenti disitu, melainkan juga.. masalah tersebut juga meliputi:

1.  Kekurangan Bahan Baku
2. Kelangkaan Sumber Daya

Maupun faktor-faktor lainnya:

3. Ingin Buat Apa?
4. Bentuknya Seperti Apa?
5. Kayak Gimana?



Masalah Distribusi


Pengertian distribusi adalah suatu kegiatan yang terjadi untuk menyebarkan atau mempromosikan atau pun menyalurkan barang, jasa dan karya yang telah dibuat oleh pelaku produksi atau produsen

Pelaku distribusi yaitu distributor juga mempunyai masalahnya sendiri.. sama seperti pelaku produksi, distibutor juga menjumpai masalah pokok ekonomi klasik

Berikut dibawah ini sudah saya ketikan, masalah pokok ekonomi klasik distribusi, berikut penjabarannya:

1. Bagaimana caranya?
2. Seperti Apa Prosesnya?
3. Pengiriman Yang Tepat Seperti Apa?



Masalah Konsumsi


Pengertian konsumsi adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk menghabiskan atau menggunakan ataupun memakai produk hasil buatan si produsen

Tapi walaupun begitu, masalah ini tidak ditujukan ke konsumen secara 100% nih,

Karena masalah ini keterkaitannya dengan si produsen lagi


Jadi produsen kesian banget yaa? masalah mulu?


Enggak, walaupun begitu, hikmah dibalik permasalahan pokok ekonomi ini jika si produsen tetap semangat pasti usahanya akan berbuah hasil,

Tapi apa aja sih masalah dari konsumsi? ok, dibawah ini sudah saya jejerkan masalah yang ditemukan dipermasalahan pokok ekonomi klasik konsumsi, berikut jejerannnya:

1. Kelangkaan Hasil Produksi
2. Alat Pemuas Tidak Mencukupi Masyarakat



PERMASALAHAN POKOK EKONOMI MODERN

Setelah permasalahan klasik sudah dihabas.. saatnya kita beralih ke lawannya, yaitu.. permasalahan pokok ekonomi modern

Kalau ekonomi modern itu dapat diartikan sebagai ekonomi yang terjadi dengan cara terbaru alias modern, itu adalah pengertian ekonomi modern " Menurut Saya "


Tetapi sebenernya masalah pokoknya apa?


Ok, dibawah ini sudah saya jejerkan masalah-masalah pokok ekonomi modern, berikut penjabarannya:


1. What? ( Apa )

Balik lagi tentang apa yang harus dibuat atau dijual.. masalah ini diperuntukan untuk mereka para si penjual atau produsen..

Bahwa salah satu permasalahan pokok ekonomi modern terletak juga di produksi,

Dan untuk mengetahui lebih mudah lagi, berikut sudah saya urutkan permasalahan pokok ekonomi modern mengenai WHAT, berikut dibawah ini penjabarannya:

1.1 Apa Yang Dibuat?
1.2 Bentuknya Seperti Apa?
1.3 dan Lain-Lain...


2. How ( Bagaimana )

Permasalahan ini bisa diajukan ke produsen atau pun distributor, karena permasalahannya yang berhubungan dengan kegiatan yang biasa mereka lakukan itu sama

Berikut adalah permasalahan yang terbelit tentang permasalahan pokok ekonomi modern mengenai HOW:

2.1 Bagaimana cara memproduksinya?
2.2 Bagaimana cara mengelolanya?
2.3 Bagaimana ininya?
2.4 Bagaimana itunya?


3. For Whom? ( Untuk Siapa )

Permasalahan ekonomi modern yang terakhir adalah untuk siapa hasil barang, jasa dan karya ditawarkan?

Tetapi nih, selain itu masih ada lagi masalah lain yang berhubungan dengan For Whom ini, berikut sudah saya urutkan masalah-masalahnya:

3.1 Siapa Yang Memperoleh Manfaat?
3.2 Kalangan Mana Yang Ditargetkan?



Upaya Mengatasi Masalah Ekonomi


Dari banyaknya masalah yang ada di ekonomi entah itu di sisi klasik maupun modern.. ada beberapa hal yang dapat mengatasi masalah ekonomi

Seperti cara dan tips mengatasi masalah ekonomi yang akan saya tulis dibawah ini.. jadi tetep baca biar iseng-iseng berhadiah..


Berikut ulasannya:
  1. Pemerintah ataupun swasta dapat mengatasi sumber daya yang dibutuhkan oleh para produsen
  2. Pemerintah ataupun swasta dapat menentukan cara atau teknih produksi yang tepat untuk digunakan oleh para produsen
  3. Pemerintah ataupun swasta dapat mengatur ekonomi di Indonesia, agar para pelaku usaha dapat terjamin akan kemudahan dalam berbisnis

Begitulah permasalahan dari ekonomi klasik dan modern, dari macam-macam masalah ekonomi beserta cara mengatasinya sudah kita bahas, ya kan?

Ok, mungkin in saja yang bisa saya beritakan hehe.. terima kasih dan buat anda yang ingin lanjut ke artikel-artikel seru dan menarik lainnya dapat beralih ke www.saranpelajar.id

Minggu, 23 April 2017

Apa Sih Pengertian Dari Manusia Serta Bangsa Dan Negara


Kalau anak sekolah bilang mah " apa sih jawaban dari pengertian manusia, bangsa dan negara " nah pertanyaan itulah yang akan kita bahas di sini

Bukan hanya sekedar pengertian melainkan lebih dari itu, jadi tetap baca tulisan ini hingga akhir hayat nanti yaa eh..


Manusia, Bangsa Dan Negara

Ok, memabahas tentang manusia, bangsa dan negara.. saya akan coba menjabarkan jawabnya secara lengkap dibawah ini.

Berikut dibawah ini adalah penjabarannya:



Pengertian

Pertama, yang ingin kita bahas adalah pengertian itu semua terlebih dahulu... agar belajar menjadi mudah jadi kita pelajari dulu yang kecil-kecilnya


MANUSIA


Membahas tentang manusia.. itu sangat dirasa cukup mudah untuk mengetahui pengertiannya,

Apalagi kan anda yang baca tulisan ini pernah ngalamin jadi manusia kan? eh maksudnya sampai saat ini masih jadi manusia kan?

Jadi setidaknya tahu dong apa pengertiannya..

Tapi enggak apa-apa deh, mending baca aja tulisan saya dibawah ini, kali aja iseng-iseng berhadiah, ok berikut dibawah ini ulasannya:


Pengertian Manusia



Manusia adalah makhluk hidup yang memiliki perbedaan dari fisik, rohani, kebudayaan, ataupun hal lainnya, Itu adalah pengertian manusia menurut saya dan pengertian secara umum


Tetapi bagaimana kalau pengertian menurut para ahli?


Sehubung saya bukan ahli jadi saya jejerin aja ya, dibawah ini pengertian manusia menurut para ahli, berikut ulasannya:

# Socrates

Socrates ilmuan asal Yunani ini pernah bilang mengenai pengertian manusia..

Dan dari ucapannya, saya mengambil benang merahnya bahwa pengertian manusia menurut ilmuan asal Yunani ini adalah

Manusia adalah makhluk hidup yang mempunyai kedua kaki dan memiliki kuku yang datar dan lebar berserta manusia tidak memiliki bulu


# A Sudiarja

A Sudiarja berpendapat mengenai pengertian manusia.. dalam hal ini A Sudiarja mengatakan bahwa:

Manusia adalah bhineka, tetapi tunggal. Bhineka karena jasmani dan rohani dan tetapi tunggal karena jasmani dan rohani itu merupakan suatu barang


#. I Wayan Watra

Pengertian manusia menurut I Wayan Watra, berdasarkan untaian katanya, bahwa manusia adalah makhluk hidup yang dinamis, yaitu cipta, rasa dan karsa


# Paula J.C & Janet W.K

Menurut mereka.. mengenai pengertian manusia seperti yang sudah saya kutip dibawah ini:

Manusia adalah mahluk terbuka, bebas memilih makna dalam situasi, mempunyai tanggung jawab atas keputusan yang telah ia buat, serta turut menyusun pola berhubungan antar sesama


# Kess Bertens

Kalau pengertian manusia menurut Kess Bertens seperti kutipan yang sudah saya tulis dibawah ini:

Manusia adalah suatu mahluk yang terdiri dari 2 unsur yang kesatuannya tidak dinyatakan..

Tetapi hingga saat ini, saya belum mengetahui kesatuan apa yang dinyatakan dalam pendapatnya

 PATUT BACA!
Untuk mengetahui lebih banyak mengenai pengertian manusia menurut para ahli, anda bisa baca DISINI




Pengertian Bangsa



Ok, setelah kita membahas pengertian manusia dari pendapat saya hingga sampai para ahli yang sudah menceritakan pendapatnya

Mari kita beralih kepembahasan mengenai pengertian bangsa


Sebelumnya, apakah pengertian bangsa menurut anda?


Jika anda sudah menjawab, sekarang giliran saya yang menyampaikan pendapat mengenai pengertian bangsa...

kalau saya sendiri berpendapat kalau bangsa adalah suatu tempat yang didiami oleh seluruh penduduk dalam suatu negara

Tapi, gimana kalau para ahli lagi yang menyampaikan pendapatnya? apakah berbeda jauh dengan saya?

Berikut dibawah ini ulasannya:


# Ir. Soekarno

Beginilah ketikan yang dapat saya ketik mengenai pengertian bangsa menurut presiden soekarno, berikut kutipannya:

Suatu bangsa di samping memiliki ciri-ciri tertentu juga harus ditandai oleh adanya kesamaan rasa cinta tanah air atau tempat itu sendiri


# Otto van Bauer

Kalau Otto van Bauer berpendapat mengenai pengertian bangsa seperti dibawah ini:

Bangsa adalah suatu kelompok manusia yang mempunyai watak yang sama yang dikarena adanya perasaan yang satu


# Ki Bagoes Hadikoesoemo

Bangsa adalah bersatunya seseorang dengan tempat orang tersebut berada, persatuan antara orang dengan wilayah.


 PATUT BACA!
Biar lebih paham lagi mengenai Pengertian Bangsa menurut para ahli, anda bisa anda lanjuti pembacaan anda DISINI




Pengertian Negara



Pembahasan terakhir kita nih, kalau pengertian manusia dan pengertian bangsa sudah, saatnnya pengertian negara nih

Seperti biasa... saya mau nyelonong duluan buat menyampaikan pendapat mengenai pengertian negara

Ok, Kalau pendapat saya:

Negara adalah suatu tempat yang didiami oleh sekelompok orang yang didalamnya ada pemerintahnya dan wilayah


Tapi kalo para ahli, gimana?


Iya deh, dibawah ini adalah pendapat para ahli mengenai apa sih pengertian negara?, dibawah ini adalah ulasannya:


# Aristoteles

Kalau pedapat Aristoteles mengenai pengertian negara, ia menyampaikan pendapatnya seperti ini:

Negara adalah bersatunya beberapa keluarga mencakupi beberapa desa, hingga akhirnya dapat berdiri sendiri sepenuhnya, dengan tujuan kesenangan dan kehormatan bersama


# Karl Marx

Kalau Karl Marx berpendapat seperti dibawah ini mengenai pengertian negara, berikut perkataanya:

Negara adalah kelas yang berkuasa untuk menindas atau mengeksploitasi kelas yang lainnya

 PATUT BACA!
Mau tahu? Pengertian Negara menurut para ahli? anda bisa kok lanjutkan pembacaan anda DISINI


Nah untuk anda yang pengen melanjutkan materi ini hingga selesai, anda bisa klik DISINI untuk melanjutkannya.. karena kan tulisan saya yang satu ini hanya pengertiannya dulu

Ok, mungkin ini saja yang bisa saya tuliskan untuk anda.. anda bisa juga baca tulisan-tulisan menarik milik saya di www.saranpelajar.id